PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA VARIO

Iwan Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) pengaruh faktor trustworthiness terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario; (2) pengaruh faktor expertise terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario; (3) pengaruh faktor physical attractiveness terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario; (4) pengaruh faktor respect terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario; (5) pengaruh faktor similarity terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario; (6) pengaruh faktor trustworthiness, expertise, physical attractiveness, respect, dan similarity secara bersamaan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario.
Populasi penelitian ini di batasi pada individu yang memiliki sepeda motor merek Honda Vario di Kota Purworejo sedangkan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel trustworthiness, physical attractiveness, respect, dan similarity secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa variabel trustworthiness, expertise, physical attractiveness, respect, dan similarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario.
Kata kunci: celebrity endorser, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.