PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION ORIENTATION NASABAH BANK SYARIAH DI KEBUMEN

Mares Setiani

Abstract


Munculnya bank syariah yang hanya fokus pada perbankan syariah ataupun bankkonvensional yang membuka unit syariah membuat persaingan semakin ketat. Persaingantersebut menuntut bank untuk mampu mempertahankan nasabahnya. Salah satu upayayang dapat dilakukan bank adalah dengan menerapkan strategi pendekatan yang mampumembantu perusahaan untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan (relationshipmarketing) agar dapat meningkatkan customer retention orientation.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh relationship marketing terhadapcustomer retention orientation pada praktik perbankan syariah di Kebumen. Relationshipmarketing terdiri dari beberapa dimensi seperti belonging, communication, customization,differentiation, personalization, rewarding dan security and convenience. Populasi penelitianini adalah seluruh nasabah bank Syariah di Kebumen. Sampel penelitian ini diambil dari 100orang nasabah dari Bank Syariah di Kebumen. Pengambilan sampel menggunakan teknikNonprobability Sampling yaitu dengan metode Purposive Sampling. Instrumenpengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudahdiujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis datamenggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa relationship marketingmempunyai pengaruh terhadap customer retention orientation bank syariah di Kebumen.Belonging berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,233 dan signifikan (P value 0,002).Communication berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,231 dan signifikan (P value0,003). Customization berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,187 dan signifikan (Pvalue 0,011). Differentiation berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,203 dan signifikan (Pvalue 0,003). Personalization berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,234 dan signifikan(P value 0,002). Rewarding tidak berpengaruh signifikan dengan nilai b sebesar 0,009 dan (Pvalue 0,891). Security and convenience berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,225 dansignifikan (P value 0,001).Kata kunci : Relationship Marketing dan Customer Retention Orientation

Full Text:

PDF Text ()


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1B.3776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.