PENGARUH ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK TOSHIBA

Gesit Sukma Arif Wibowo

Abstract


Pengaruh Elemen-Elemen Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian
Notebook Toshiba. Skripsi Program Studi Manajemen Universitas
Muhammadiyah Purworejo. 2012
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari elemen-elemen
ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas,
dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian pada notebook Toshiba.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Purworejo yang menggunakan notebook Toshiba. Teknik
pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria
mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo yang melakukan pembelian
atau menggunakan notebook Toshiba dan diambil sampel sebanyak 100
responden. Uji instrumen yang digunakan adalah product moment dan cronbach
alpha untuk menguji validitas, dan uji reliabilitas, menunjukkan bahwa kesemua
item valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji regresi berganda
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel
ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas
merek) terhadap keputusan pembelian notebook Toshiba di Universitas
Muhammadiyah Purworejo.
Hasil perhitungan dan analisis data yang dilakukan dengan program
SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows 16. ( 1 ) Variabel
kesadaran merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai
b1=0,212 dan signifikansi 0,006 (<0,05), (2) Variabel asosiasi merek berpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai b2=0,262 dan signifikansi
0,002 (<0,05), (3) Variabel persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian dengan nilai b3=0,189 dan signifikansi 0,024 (<0,05), (4)
Variabel loyalitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
dengan nilai b4=0,324 dengan signifikansi 0,000 (<0,05).
Kata kunci: keputusan pembelian, kesadaran merek, persepsi kualitas,
asosiasi merek, loyalitas merek

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.