PENGARUH PENDAPATAN, GAYA HIDUP DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PRABAYAR simPATI DI KEBUMEN

Wahyu Retno Maryati

Abstract


Perkembangan telekomunikasi yang semakin pesat menimbulkan persaingan, dengan melihat perilaku konsumen diantaranya mengetahui pendapatan, gaya hidup dan konsep diri dalammelakukan keputusan pembelian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan memberikan bukti empiris pengaruh pendapatan, gaya hidup dan konsep diri terhadap keputusan pembelian produk prabayar simPATI di kebumen.Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk prabayar simPATI di Kebumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16 diketahui bahwa Pendapatansecara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan taraf signifikasi P value 0.006 < 0.05. Gaya hidup secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan taraf signifikasi P value 0.004 < 0.05. Konsep diri secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan taraf signifikasi P value 0.000 < 0.05. Sehingga penelitian ini memberikan hasil yang mendukung hipotesis.
Kata kunci : pendapatan , gaya hidup,konsep diri dan keputusan pembelian

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.