PENGARUH EXPERIENTIAL PURCHASING PADA LOYALITAS PELANGGAN ( Survei Pada Pengunjung Taman Wisata Kyai Langgeng )

Nurhidayat Nurhidayat

Abstract


Fokus experiential consumption pada penelitian ini pada tingkat yang kedua yaitu experiential purchasing. Adapun implementasi dari experiential ini meliputi sense, feel, think, act dan relate. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh sense, feel, think, act dan relate pada loyalitas pelanggan Taman Wisata Kyai Langgeng secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Taman Wisata Kyai Langgeng di Kota Magelang. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu judgment sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16, diketahui bahwa variabel sense berpengaruh positif pada loyalitas pelanggan, dengan taraf signifikansi 0,009 < (0,05). Variabel feel berpengaruh positif pada loyalitas pelanggan, dengan taraf signifikansi 0,015 < (0,05). Variabel think berpengaruh positif pada loyalitas pelanggan, dengan taraf signifikansi 0,026 < (0,05). Variabel act berpengaruh positif pada loyalitas pelanggan, dengan taraf signifikansi 0,002 < (0,05). Variabel relate berpengaruh positif pada loyalitas pelanggan, dengan taraf signifikansi 0,002 < (0,05).
Kata Kunci: Sense, Feel, Think, Act, Relate dan Loyalitas Pelanggan.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.