PENGARUH KEPERCAYAAN, PELAYANAN, DAN FASILITAS BANK TERHADAP PERILAKU MENABUNG (STUDI PADA NASABAH BANK PURWOREJO)
Abstract
Aisya Wardani. Pengaruh Kepercayaan, Pelayanan, dan Fasilitas Bank Terhadap Perilaku
Menabung (Studi Pada Nasabah Bank Purworejo). 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, pelayanan, dan
fasilitas bank terhadap perilaku menabung pada nasabah Bank Purworejo baik secara parsial
maupun simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Purworejo yang mempunyai
rekening tabungan di Bank Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan
telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi
linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16 diketahui bahwa
Kepercayaan secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku menabung dengan taraf
signifikansi PValue 0.001 < 0.05. Pelayanan secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap
perilaku menabung dengan taraf signifikansi PValue 0.006 < 0.05. Fasilitas bank secara signifikan
berpengaruh secara positif terhadap perilaku menabung dengan taraf signifikasi PValue 0.013 <
0.05. Secara bersama-sama variabel kepercayaan, pelayanan, dan fasilitas bank berpengaruh
terhadap perilaku menabung pada nasabah Bank Purworejo dilihat dari F hitung sebesar
42.261 dan sig < 0.05.
Kata-kata kunci : kepercayaan, pelayanan, fasilitas bank, perilaku menabung
Menabung (Studi Pada Nasabah Bank Purworejo). 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, pelayanan, dan
fasilitas bank terhadap perilaku menabung pada nasabah Bank Purworejo baik secara parsial
maupun simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Purworejo yang mempunyai
rekening tabungan di Bank Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan
telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi
linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16 diketahui bahwa
Kepercayaan secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku menabung dengan taraf
signifikansi PValue 0.001 < 0.05. Pelayanan secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap
perilaku menabung dengan taraf signifikansi PValue 0.006 < 0.05. Fasilitas bank secara signifikan
berpengaruh secara positif terhadap perilaku menabung dengan taraf signifikasi PValue 0.013 <
0.05. Secara bersama-sama variabel kepercayaan, pelayanan, dan fasilitas bank berpengaruh
terhadap perilaku menabung pada nasabah Bank Purworejo dilihat dari F hitung sebesar
42.261 dan sig < 0.05.
Kata-kata kunci : kepercayaan, pelayanan, fasilitas bank, perilaku menabung
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.