ANALISIS PENGARUH SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN LAYANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Wenny Murtalining Tyas

Abstract


Penelitian ini membahas tentang  pengaruh sistem informasi akademik terhadap kepuasan layanan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini bertujuan (1)  Untuk mengetahui berbagai layanan akademik dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik (SIA) yang sudah diberlakukan di Universitas Muhammadiyah Jember (2) Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dengan diberlakukannya Sistem Informasi Akademik di Universitas Muhammadiyah Jember (3) Untuk mengetahui pengaruh Sistem Informasi Akademik (SIA) terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember. (4) Dapat memberikan layanan yang cepat, tepat dan akurat terhadap (user) pengguna.(5) Dapat memberikan masukan-masukan dan langkah-langkah strategis berkenaan dengan diberlakukannya Sistem Informasi Akademik di Universitas Muhammadiyah Jember. Total populasi dalam penelitian ini adalah 1.563 mahasiswa, total sampel adalah 196 mahasiswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah metode Proportional Random Sampling, dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan cronbach alpha. Uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Data yang dikumpulkan diuji validitas dengan menggunakan analisis faktor dan diuji untuk keandalan dengan koefisien alpha (cronbach alpha), dimana hasilnya semua data dinyatakan valid dan reliabel. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa: diketahui bahwa nilai t hitung dalam penelitian ini adalah sebesar 7,930 dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,000. Nilai tersebut menunjukkan bahwa Sistem Informasi Akademik memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan layanan mahasiswa.

Kata kunci : Sistem Informasi Akademik dan Kepuasan Layanan

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v13i1.3553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.