ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)

Ridawan Baraba, wijayanti wijayanti

Abstract


Karyawan sebagai bagian dari faktor produksi merupakan hal yang utama dalam proses produksi baik barang atau jasa begitu pula tentunya dengan hotel sebagai penjual jasa. Karyawan diharapkan bekerja secara produktif dan maksimal bahkan terkadang dibutuhkannya pengorbanan yang lebih didalam menjalankan pekerjaannya seperti mungkin mereka harus bekerja lembur di waktu–waktu tertentu dan bisa jadi mengerjakan sebuah pekerjaan yang bukan pekerjaannya. Kinerja seseorang akan dipengaruhi oleh kepuasan kerja yang dimilki. Ketika karyawan merasakan kepuasan terhadap pekerjaannya, maka karyawan tersebut akan bekerja secara maksimal dalam menyelesaikan pekerjaannya, bahkan melalukan pekerjaan di luar dari tugasnya. Kesediaan inilah yang kemudian dikenal sebagai Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Objek penelitian ini adalah Hotel–hotel anggota Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cabang Purworejo, dengan subyek penelitian adalah karyawan Hotel anggota PHRI Kabupaten Purworejo. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa Nilai koefisien regresi kepuasan kerja sebesar 0,588 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 sehingga hipotesis pertama terdukung oleh penelitian ini. Nilai koefisien regresi komitmen organisasi sebesar -0.083 dengan tingkat signifikansi 0.387 sehingga hipotesis kedua tidak terdukung oleh penelitian ini.

Kata kunci : Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Komitmen Organisasi

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1.3265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.