ANALISIS PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADAKONSUMEN RITEL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku pembelian impulsif yang seringmelanda konsumen, terutama yang dialami oleh konsumen ritel dan menganalisis pula berbagaifaktor yang dapat memicu terjadinya perilaku pembelian impulsif atau impulsive buying padakonsumen ritel.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Analisiskualitatif ini digunakan untuk menjelaskan dan memahami fenomena tentang apa yang dialami olehsubjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan dengan cara dideskripsikan dalam bentukkata-kat dan bahasa pada suatu konteks yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.Dengan kata lain penelitian ini menggunakan desain penelitian phenomenological research.Dari sepuluh responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini hampir semua pernah atausering melakukan pembelian tidak terencana karena memang semua responden menyukai aktivitasberbelanja di supermarket. Aktivitas pembelian tidak terencana yang terjadi pada respondenpenelitian dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : gaya hidup berbelanja, respon lingkungan belanja,emosi positif dan keinginan hedonis, serta lingkungan fisik dan lingkungan sosial yang ada pada dirikonsumen.
Key Word : Impulsive buying, konsumen ritel, phenomenological research.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1.3264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.