MEMBANGUN KESIAPAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI PURWOREJO MENYONGSONG ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Murry Harmawan Saputra

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk memaparkan dan menganalisis upaya yang harus dilakukan untuk membangun kesiapan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada Kabupaten Purworejo dalam menghadapi implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dimulai pada akhir tahun 2015 ini. Pelaksanaan kesepakatan MEA yang sudah di depan mata, membuat banyak pihak tertarik untuk melakukan kajian secara mendalam mengenai kesiapan UKM baik secara nasional maupun di tingkat daerah-daerah termasuk juga di Kabupaten Purworejo. Tidak dapat dipungkiri, implementasi Masyarakat Ekonomi Asean akan memberikan dampak positif dan negatif bagi industri-industri dan pelaku usaha di daerah. Dampak positif dengan adanya pasar bebas dan terintegrasi dikawasan ASEAN akan dapat dirasakan manfaatnya apabila pelaku usaha lokal telah mempunyai kesiapan dan daya saing terhadap produk yang datang dari luar negeri, demikian sebaliknya dampak negatif akan terasa apabila pelaku usaha lokal maupun nasional tidak produktif dan tidak berdaya saing.

Kabupaten Purworejo mempunyai banyak potensi ekonomi dan pelaku UKM diberbagai bidang. Beberapa produk unggulan khas daerah Purworejo diantaranya adalah olahan susu kambing etawa, gula merah, kerajinan bambu, lanting, pembibitan tanaman, berbagai budidaya buah-buahan, pembibitan ikan gurami, jamur tiram, produksi sangkar burung, dan sebagainya. Komoditas-komoditas tersebut merupakan primadona penggerak ekonomi di kabupaten Purworejo yang banyak menyerap tenaga kerja. Namun demikian potensi ekonomi tersebut belum semuanya telah terkelola dengan baik dan mempunyai daya saing yang kuat ketika dihadapkan pada kondisi persaingan bisnis yang ketat.

Oleh karena itu diharapkan dengan adanya kajian mengenai bagaimana membangun kesiapan UKM di kabupaten Purworejo ini dalam menyongsong MEA ini, akan bermanfaat dan semakin menambah kapasitas, kapabilitas dan bekal kesiapan para pelaku usaha untuk memperbaiki tata kelola usahanya, sehingga semua UKM di Purworejo akan semakin berdaya saing tinggi dan bahkan mampu memanfaatkan peluang baru dengan adanya implementasi Masyarakat Ekonomi Asean tersebut.

 

Kata-kata kunci: UKM, MEA, Purworejo, produk unggulan, daya saing, manajemen bisnis


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i3.3255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.