PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK KARTU INDOSAT IM3 (Studi pada Pengguna Kartu Indosat IM3 di Purworejo)

Dwi Setyawan

Abstract


Persaingan operator seluler yang  sangat ketat mengharuskan Indosat memenuhi harapan dan keinginan konsumen agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan operator seluler lainnya, karena Indosat perlu mempertahankan loyalitas merek dari pelanggan. Strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk  mempertahankan loyalitas merek, yaitu dengan cara meningkatkan kepercayaan merek dan ekuitas merek.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kepercayaan merek dan Ekuitas merek terhadap Loyalitas merek kartu Indosat IM3 di Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna kartu Indosat IM3 di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan kepercayaan merek berpengaruh positif pada loyalitas merek dengan nilai b sebesar 0,542 dan signifikansi pValue 0,000. Ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas merek dengan nilai b sebesar 0,327 dan signifikansi  pValue 0,000.

Kata kunci: kepercayaan merek, ekuitas merek, loyalitas merek


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1B.2931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.