PENGARUH INCOME DIVERSIFICATION TERHADAP RISIKO DAN KINERJA PERBANKAN DI INDONESIA (Studi pada 10 Bank Komersial Terbesar di Indonesia Tahun 2007-2013)

Nita Ayu Riyanti

Abstract


Penurunan interest income pada perbankan disebabkan kompetisi dalam penyaluran kredit yang semakin ketat. Hal tersebut menjadikan tren peningkatan income diversification yang dilakukan bank dengan tujuan untuk meningkatkan profitabilitas (kinerja) dan untuk meminimalkan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) income diversification terhadap risiko likuiditas bank yang diukur dengan LDR  dan (2) income diversification terhadap kinerja bank yang diukur dengan ROA.

Populasi penelitian ini adalah perbankan komersial di Indonesia. Sampel penelitian adalah 10 bank komersial terbesar di Indonesia dengan jenis data yang digunakan adalah data panel untuk pengamatan 7 tahun (2007-2013). Dalam penelitian ini, ROE digunakan sebagai uji robustness untuk ROA. Income diversification (IDIV) merupakan rasio antara pendapatan bunga bersih dan non bunga bersih bank. Variabel kontrol digunakan untuk mengendalikan (mengontrol) pengaruh variabel independen, yang terdiri dari: size, asset growth, dan type of ownership.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) IDIV berpengaruh positif terhadap risiko. Pengaruh variabel kontrol, size berpengaruh negatif signifikan terhadap risiko, sedangkan asset growth dan type of ownership tidak berpengaruh terhadap risiko likuiditas; (2) IDIV berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja. Pengaruh variabel kontrol, size berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja, asset growth tidak berpengaruh terhadap kinerja, dan type of ownership dibedakan menjadi bank milik pemerintah berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja, sedangkan bank milik swasta berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja.

Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar empiris bagi manajemen bank dalam menentukan kebijakan terkait dengan diversifikasi pendapatan. Bank-specific factor seperti size, asset growth, dan type of ownership juga perlu dipertimbangkan dalam penentuan kebijakan diversifikasi pendapatan. Selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi ataupun bahan pembanding untuk penelitian lanjutan dalam bidang dan topik yang relevan dengan penelitian ini.

Kata kunci : income diversification, risiko likuiditas, kinerja.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1C.2841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.