PENGARUH ATTRACTIVENESS DAN CREDIBILITY BRAND IMAGE FRESHCARE

Achmad Munif Irawan

Abstract


Pertumbuhan dan perubahan ekonomi serta kegiatan bisnis yang semakin pesat menuntut perusahaan mengembangkan strategi pemasarannya untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Media iklan melalui televisi hingga sekarang masih dianggap sangat efektif untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk yang dipasarkan. Salah satu cara iklan suatu merek dapat dikenal dengan cepat dan mudah adalah dengan menggunakan celebrity endorser. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah: 1) menganalisis pengaruh attractiveness terhadap brand image produk FreshCare, 2) menganalisis pengaruh credibility terhadap brand image produk FreshCare.

Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah individu yang pernah menyaksikan iklan FreshCare di media televisi. Sedangkan, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi variabel attractiveness (X1) sebesar 0,625 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image; 2) nilai koefisien regresi variabel credibility (X2) sebesar 0,212 dengan nilai signifikansi sebesar 0,033, artinya credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Dengan demikian, keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima.

Kata kunci:      celebrity endorser, attractiveness, credibility, brand image


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1C.2839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.