PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI, PROMOSI DAN POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN PRODUCT (Studi Pada Pengguna Lampu Philips LED di Purworejo)

Linda Setyaningsih

Abstract


Isu lingkungan hidup saat ini menjadi perhatian penting seluruh dunia seiring dengan banyaknya masalah lingkungan yang mengancam. Adanya globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini juga menyebabkan persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat, seperti dalam berlomba-lomba menciptakan dan menawarkan suatu produk yang ramah lingkungan. Terkait dengan hal tersebut, tentunya penting bagi perusahaan untuk membangun strategi yang baik sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen.Strategi tersebut dapat meliputi strategi diferensiasi, promosi dan positioning.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi diferensiasi, promosi dan positioning terhadap keputusan pembelian green product. Objek penelitian ini adalah pengguna lampu Philips LED di Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna atau yang pernah menggunakan produk lampu Philips LED. Dengan metode purposive sampling diperoleh 120 responden yang dijadikan sampel dalam penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel strategi diferensiasi, promosi dan positioningsecara parsialberpengaruh positif terhadap keputusan pembelian green product.

 

Kata kunci: strategi diferensiasi, promosi, positioning dan keputusan pembelian green product


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1C.2838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.