ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID SAMSUNG DI YOGYAKARTA

Fajri Hidayat

Abstract


Keputusan pembelian produk high involvement membutuhkan pertimbangan yang tepat untuk mengurangi resiko pembelian. Peran merek sangat berpengaruh terhadap pertimbangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Android Samsung di Yogyakarta.

Pengumpulan data menggunakan metode survei. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Judgement Sampling yaitu peneliti memilih sampel berdasarkan kriteria tertentu, adapun kriteria tersebut yaitu pemilik smartphone Android Samsung yang berdomisili di Yogyakarta dan berperan aktif dalam keputusan pembelian smartphone tersebut.

Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil regresi menunjukkan bahwa faktor-faktor ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Android Samsung di Yogyakarta.

Kata kunci: ekuitas merek, kesadaran merek, asosiasi merek, loyalitas merek, dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1B.2830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.