PENGARUH ATRIBUT PRODUK, HARGA, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN KETIDAKPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK DARI BLACKBERRY KE SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY DI PURWOREJO

Ervina Kusuma Wardani

Abstract


Handphone kini tidak hanya digunakan untuk bertelepon atau SMS namun juga dapat digunakan sebagai media sosialisasi melalui internet. Handphone yang mempunyai kemampuan teknologi yang lebih canggih sebagaimana karakteristik tersebut dikenal dengan nama smartphone. Semakin maraknya produsen smartphone yang menawarkan berbagai inovasi fitur dalam produknya, memunculkan persaingan yang sangat ketat. Dari persaingan yang ketat tersebut memunculkan dua nama merek smartphone yang sangat digemari konsumen yaitu smartphone BlackBerry dan smartphone Samsung Galaxy. Kedua produsen smartphone tersebut bersaing, bekerja secara optimal untuk menarik, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan agar tetap setia pada produknya dan tidak melakukan perpindahan merek.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh atribut produk, harga, kebutuhan mencari variasi, dan ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan perpindahan merek dari BlackBerry ke Smartphone Samsung Galaxy. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna smatphone BlackBerry yang telah berpindah ke smartphone Samsung Galaxy di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis yaitu uji t, uji F dan uji R2.

Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa atribut produk, harga, kebutuhan mencari variasi, dan ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan perpindahan merek. Dalam penelitian ini variabel yang paling besar mempengaruhi keputusan perpindahan merek adalah ketidakpuasan konsumen kemudian aribut produk, kebutuhan mencari variasi, dan harga.

 

Kata kunci: atribut produk, harga, kebutuhan mencari variasi, ketidakpuasan konsumen dan keputusan perpindahan merek.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1B.2829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.