Pengaruh Brand Community Terhadap Loyalitas Merek Pada Komunitas Yamaha Vixion Club Purworejo

Eddy Febryanto

Abstract


Eddy Febryanto . Pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas Merek pada Komunitas Yamaha Vixion Club Purworejo. Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015.

Fenomena persaingan yang ada dalam era globalisasi akan semakin mengarahkan sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme pasar yang memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut market share (pangsa pasar). Salah satu aset yang dimiliki perusahaan untuk merebut pangsa pasar adalah merek produk, yang dewasa ini berkembang menjadi sumber aset terbesar bagi perusahaan. Untuk mendapatkan loyalitas merek dari konsumen diperlukan strategi yang lebih sulit dibandingkan menciptakan kepuasan konsumen. Adanya keunggulan produk dibanding produk pesaing mutlak dibutuhkan karena dapat menjadi daya tarik pertama dan utama bagi konsumen. Tumbuhnya berbagai komunitas pelanggan saat ini berpengaruh terhadap strategi pengembangan sebuah merek. Sepeda motor Yamaha Vixion memiliki komunitas tersendiri yang banyak tersebar di Indonesia, salah satunya yaitu komunitas Yamaha Vixion Purworejo. Komunitas Yamaha Vixion Purworejo merupakan perkumpulan pemakai Yamaha Vixion yang didirikan pada tahun 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand community yang meliputi variabel legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota, dan membantu dalam penggunaan merek terhadap loyalitas merek pada komunitas Yamaha Vixion Club di Purworejo.

Populasi penelitian ini adalah anggota komunitas Yamaha Vixion Club di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 97 orang. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau sensus. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel brand community yang terdiri dari legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota, dan membantu dalam penggunaan merek secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek pada komunitas Yamaha Vixion Club di Purworejo.

 

Kata kunci: brand community, legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota, membantu dalam penggunaan merek, dan loyalitas merek.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1A.2827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.