PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK SOPHIE MARTIN PARIS DI PURWOREJO

Desty Fiftiani

Abstract


Perkembangan mode dan fashion pada zaman sekarang ini sangat pesat dan silih berganti dengan cepat. Sophie Martin Paris menyediakan produk fashion yang memenuhi kebutuhan konsumen sehingga mampu mempengaruhi keputusan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Sophie Martin Paris di Purworejo.  Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Produk Sophie Martin Paris yang ada di Purworejo dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesis penelitian menggunakan analisis regesi berganda, uji t, uji F, dan uji R2.

Hasil analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap baik secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta terdapat kontribusi antara variabel bebas yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap terhadap variasi perubahan variabel terikat, yaitu keputusan pembelian. Dengan demikian keseluruhan hipotesis yang diajukan, terbukti dan dapat diterima.

 

Kata kunci: motivasi, persepsi, pembelajaran, sikap, keputusan pembelian


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1A.2825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.