PENGARUH KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK PELANGGAN-MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi pada Pengguna Smartphone Android Advan di Purworejo)

Achmad Fauzi

Abstract


Persaingan antarprodusen handphone menuntut pemasar untuk selalu meningkatkan strategi agar konsumen loyal pada produk perusahaan. Loyalitas terjadi karena merek yang terpercaya. Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kepercayaan konsumen, yaitu karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik pelanggan-merek.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh karakteristik merek terhadap loyalitas merek Smartphone Advan di Purworejo (2) pengaruh karakteristik perusahaan terhadap loyalitas merek Smartphone Advan di Purworejo (3) pengaruh karakteristik pelanggan-merek terhadap loyalitas merek Smartphone Advan di Purworejo

Populasi penelitian ini adalah pengguna Smartphone Android Advan di Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Judgement Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang.Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah di ujicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel karakteristik merek (X1)  berpengaruh positif dengan nilai b sebesar  0.271 dan signifikansi pvalue 0.003 terhadap loyalitas merek Smartphone Android Advan. Karakteristik perusahaan  (X2)  berpengaruh positif dengan nilai b sebesar  0.320 dan signifikansi pvalue 0.001 terhadap loyalitas merek Smartphone Android Advan. Karakteristik pelanggan-merek (X3) berpengaruh positif dengan nilai b sebesar  0.273 dan signifikansi pvalue 0.002 terhadap loyalitas merek Smartphone Android Advan. Variabel yang paling besar mempengaruhi loyalitas merek adalah karakteristik perusahaan.

 

Kata kunci: karakteristik merek, karakteristik perusahaan, karakteristik pelanggan-merek dan loyalitas merek


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1A.2824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.