PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP EXPERIENTIAL VALUE PADA MIROTA BATIK YOGYAKARTA

Agung Saputro

Abstract


Seorang pengusaha harus mempunyai strategi dalam menjalankan usahanya. Experiential marketingadalah salah satu strategi yang diterapkan oleh Mirota Batik Yogyakarta untuk bersaing dan menciptakan experiential valuepada pengunjungnya dengan menggunakan aspek sense, feel, think, act dan relate. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah sense, feel,think, act dan relatesecara parsial berpengaruh positif terhadap experiential value pada Mirota Batik Yogyakarta.

Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang datang dan berbelanja di Mirota Batik Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sempel menggunakan non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan nilai validitas dari tiap item pertanyaan > 0,3 dan nilai reliabilitas dari tiap variabel > 0,6. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan alat analisis regresi berganda.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel sense marketing, feel marketing, think marketing, act marketing dan relate marketingsecara parsialberpengaruh positif terhadap experiential value pada Mirota Batik Yogyakarta.

Kata kunci: experiential marketing, experiential value


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1A.2823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.