PENGARUH DESAIN ATMOSFER TOKO TERHADAP TANGGAPAN EMOSIONAL KONSUMEN

Mohammad Najib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Apakah ada pengaruh positifvariable eksterior took terhadap tanggapan emosional konsumen, 2)Apakah adapengaruh positif variable general interior took terhadap tanggapan emosionalkonsumen, 3) Apakah ada pengaruh positif variable layout toko terhadap tanggapanemosional konsumen, 4) Apakah ada pengaruh positif variable interior display tookterhadap tanggapan emosional konsumen, 5) Apakah ada pengaruh positif variablehuman terhadap tanggapan emosional konsumen. Hasil penelitian ini menjelaskanbahwa variable eksterior toko, general interior toko, layout toko, interior displaytokodan variable human akan mempengaruhi tanggapan emosional consumen sertadapat menyumbangkan pemikiran yang  berguna bagi perusahaan dalam usahamenghadapi masalah-masalah yang ada hubungannya dengan desai ntmosfer tookterhadap tanggapan emosional konsumen dan membantu dalam pemecaha nmasalahtersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rita pasaraya di KotaKebumen. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling yaitu purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Data yangdigunakan adalah data primer dan kuesioner digunakan untuk pengambilan data. Analisis data yang digunakan adalah uji instrument untuk mengukur ujivaliditas, uji realiabilitas sert regresi berganda. Berdasarkan pengujian tersebutdiketahui bahwa variable eksterior took berpengaruh positif terhadap tanggapanemosional konsumen, dilihat dari koefisien regresi (0.026) dengan taraf signifikansi <α = 0.05, variable general interior took berpengaruh positif terhadap tanggapanemosional konsumen, dilihat dari koefisien regresi (0.025) dengan taraf signifikansi <α = 0.05 dan variable layout took berpengaruh positif terhadap tanggapan emosionalkonsumen, dilihat dari koefisien regresi (0.016) dengan taraf signifikansi < α = 0.05,variable interior display took berpengaruh positif terhadap tanggapan emosionalkonsumen, dilihat dari koefisien regresi (0.002) dengan taraf signifikansi < α = 0.05,human variable berpengaruh positif terhadap tanggapan emosional konsumen, dilihatdari koefisien regresi (0,024) dengan taraf signifikansi < α = 0.05. Kata kunci: eksterior, general interior, human variable, interior display, layout, dan tanggapan emosional konsumen.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.