PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP MINAT MEMBELI ULANG DETERJEN DAIA DI KECAMATAN PURWOREJO

Wulandari Dwi Nugroheni

Abstract


ABSTRAKPokok masalah dalam penelitian ini menyoroti tentang bagaimana kekuatan Brand Equity yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek dan persepsikualitas dapat mempengaruhi minat membeli ulang deterjan Daia di KecamatanPurworejo. Penelitian menggunakan data primer, yang diperoleh secara langsungdari kuesioner yang diisi oleh para responden.   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1). Apakah ada pengaruhkesadaran merek terhadap minat membeli ulang deterjen Daia di KecamatanPurworejo, 2). Apakah ada pengaruh asosiasi merek terhadap minat membeli ulangdeterjen Daia di Kecamatan Purworejo, 3). Apakah ada pengaruh persepsi kualitasterhadap minat membeli ulang deterjen Daia di Kecamatan Purworejo.  Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen deterjen Daia di KecamatanPurworejo. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dan ditentukanmenggunakan purposive sampling. Dari hasil penelitian diperoleh nilai R= 0,484(48,4%), yang berarti bahwa 48,4% minat membeli ulang dipengaruhi oleh variabelkesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas. Dari hasil uji t diperolehnilai signifikansi t untuk kesadaran merek 2,292, asosiasi merek 2,903, dan persepsikualitas 3,142. Itu berarti bahwa ketiga variabel brand equity berpengaruh positifdan signifikan terhadap minat membeli ulang. Sedangkan hasil dari uji F diperolehnilai Fhitung sebesar 31,940 dengan tingkat signifikan F0,000. Karena tingkatsignifikan Fhitung hitung 0,000 ≤ level of significance 5% (α=0,05) maka dapat disimpulkanbahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama memliki pengaruh positif dansignifikan terhadap minat membeli ulang.   Kesimpulan dari penelitian ini adalah: semakin baik kesadaran merek, asosiasimerek, dan persepsi kualitas dalam diri konsumen maka semakin tinggi minatmembeli ulang deterjen Daia tersebut. Apabila perusahaan ingin meningkatkanminat membeli ulang konsumen deterjen Daia maka perusahaan harus memperbaikidan menambah pencitraan produk deterjen Daia di mata masyarakat. Kata kunci: asosiasi merek, brand equity, kesadaran merek, minat membeliulang, dan persepsi kualitas.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.