Cover Image

PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING PADA LOYALITAS MAHASISWA PROGRAM MAGISTER SAINS FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Murry Harmawan Saputra

Abstract


Dalam dunia bisnis modern paradigma pemasaran telah bergeser,tidak hanya menciptakan transakasi untuk mencapai keberhasilanpemasaran tetapi perusahaan juga harus menjalin hubungan denganpelanggan dalam waktu yang panjang agar memperoleh kesuksesan jangkapanjang. Paradigma tersebut disebut relationship marketing. Penelitian inimerupakan replikasi dari penelitian yang pernah dilakukan oleh Ndubisi(2007). Penelitian ini menganalisis pengaruh strategi relationshipmarketing yang terdiri atas 4 variabel yaitu: kepercayaan, komitmen,komunikasi dan kemampuan menangani konflik terhadap loyalitaspelanggan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari keempat variable darirelationship marketing tersebut yang berpengaruh langsung pada loyalitashanyalah variabel kepercayaan, hal ini kemungkinan terjadi karena ukuransampel yang digunakan terlalu kecil sehingga skala pengukuran tidaksepenuhnya dapat mengukur variabel yang seharusnya diukur, sehinggapengolahan data yang ada tidak menggambarkan keadaan yang sebenarnyapada populasi. Ketiga variabel selain variabel kepercayaan, dalampenelitian ini belum menunjukan pengaruh positif pada loyalitas sehinggadiharapkan adanya penelitian lanjutan setelah penelitian ini denganmenggunakan ukuran sampel yang besar sehingga lebih representatif danhasil yang didapatkan akan lebih maksimal sehingga mampu menjelaskanhubungan antara relationship marketing pada loyalitas dengan lebih baik.

Kata kunci: Relationship marketing, kepercayaan, komitmen, komunikasi,penanganan konflik, loyalitas pelanggan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v0i2.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.