PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI AIR MINUM MERK AQUA DI KABUPATEN PURWOREJO

Supriyono Supriyono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Iklan Televisi terhadap PerilakuKonsumen dalam Pengambilan Keputusan Membeli Air Minum Merk Aqua diKabupaten Purworejo”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruhsuasana, dialog dan personal terhadap keputusan membeli. Penelitian ini diharapkanmemiliki manfaat bagi peneliti untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta sebagaidasar penelitian lebih lanjut. Teknik Pengambilan sample menggunakan judgment sampling. Dengan kriteriaresponden merupakan satu perwakilan dari Rumah Tangga atau keluarga dan berdomisilidi Purworejo, pernah melihat iklan televisi air minum dalam kemasan merk Aqua versi(It’s In Me). Berdasarkan pegujian atas instrumen dapat dinyatakan bahwa semua butirpertanyaan yang digunakan valid ( r hitung> 0,3) dan reliable (Alpha > 0,6) Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,769 yang berartibahwa 76,9% variasi perubahan yang terjadi pada pengambilan keputusan membelidipengaruhi oleh perubahan variable suasana,dialog, dan personal. Sedangkan 23,1% sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian. Hasil uji tmenunjukkan variable suasana, dialog, dan personal memiliki P value (0,000) lebih kecildari  ( 0,05 ) yang berarti ada pengaruh yang sangat signifikan iklan televise padapengambilan keputusan membeli. Pengujian F menunjukkan nilai P value ( 0,000 ) lebihkecil dari  ( 0,05 ) berarti secara stimultan variable suasana, dialog, dan personalmempunyai pengaruh yang sangat signifikan pada pengambilan keputusan membeli.  Untuk meningkatkan Penjualan Merk Aqua disarankan model iklan yangditampilkan orang yang terkenal karena mempunyai pengaruh paling besar padapengambilan keputusan pembelian.Variable dialog harus menjelaskan keunggulan –keunggulan dari Merk Aqua, seperti melakukan inovasi produk agar kualitas air minumdalam kemasan merk Aqua semakin baik dari waktu kewaktu.Sedangkan variablesuasana harus selalu ditonjolkan dalam iklan, seperti tayangan citra produk yang baik dimasyarakat.
Kata Kunci : Suasana, Dialog, Personal, Pengambilan Keputusan Membeli.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.