PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENGGUNA ATM PASCA PERISTIWA CYBERCRIME (STUDI PADA NASABAH BCA PURWOREJO)

Reni Tiara Ikawati

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis pengaruh reputasi perusahaan dankepercayaan terhadap loyalitas nasabah pengguna ATM pasca peristiwa cybercrimepada nasabah bank BCA Purworejo baik secara parsial maupun simultan, serta untukmenganalisis variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas nasabahpengguna ATM pasca peristiwa cybercrime pada nasabah bank BCA Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank BCA Purworejo yangmemiliki kartu ATM BCA (Paspor BCA), yang telah menggunakan fasilitas ATMBCA. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknikPurposive Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang.  Instrumen pengumpulandata menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telahmemenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalahregresi linear berganda. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16 diketahuibahwa reputasi perusahaan dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadaployalitas nasabah. Berdasarkan p value yang didapat dari masing-masing variabelbebas yaitu yang terdiri dari reputasi perusahaan (x1) dan kepercayaan (x) secaraparsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna ATMBCA pasca peristiwa cybercrime. Dan kepercayaan (x) mempunyai pengaruhdominan terhadap loyalitas nasabah pengguna ATM BCA pasca peristiwa cybercrime(studi pada nasabah BCA Purworejo).  2Kata-kata kunci : reputasi perusahaan, kepercayaan, loyalitas nasabah


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.