PENGARUH PRODUCT BUNDLING TERHADAP PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NEXIAN DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstract
ABSTRAKTingkat persaingan yang tinggi menyebabkan tingkat inovasi dalam strategi penjualan mengalami peningkatan. Strategi penjualan produk denganmenggunakan bundling semakin banyak digunakan karena memberikan banyakmanfaat bagi kedua belah pihak, produsen dan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memberikanbukti empiris pengaruh produk, harga, promosi, persepsi penghematan, nilaipersepsian, dan kualitas persepsian terhadap perilaku pembelian product bundlinghandphone merek Nexian di kalangan Mahasiswa Universitas MuhammadiyahPurworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UniversitasMuhammadiyah Purworejo yang membeli product bundling handphone merekNexian, yang kemudian diambil sebagai sampel sebanyak 100 orang denganmenggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan datamenggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telahmemenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalahregresi linear berganda. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16diketahui bahwa Produk secara signifikan berpengaruh secara positif terhadapperilaku pembelian konsumen dengan (p value) = 0.019 (< 0.05). Harga secarasignifikan berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembelian konsumendengan (p value) = 0.001 (< 0.05). Promosi secara signifikan berpengaruh secarapositif terhadap perilaku pembelian konsumen dengan (p value) = 0.005 (< 0.05).Persepsi penghematan secara signifikan berpengaruh secara positif terhadapperilaku pembelian konsumen dengan (p value) = 0.001 (< 0.05). Nilai persepsiansecara signifikan berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembeliankonsumen dengan (p value) = 0.019 (< 0.05). Kualitas persepsian secarasignifikan berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembelian konsumendengan (p value) = 0.015 (< 0.05). Secara bersama-sama variabel produk, harga,promosi, persepsi penghematan, nilai persepsian, dan kualitas persepsianberpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen dilihat dari F hitung sebesar25.970 dan signifikansi < 0.05. Sehingga penelitian ini memberikan hasil yangmendukung teori product bundling berpengaruh terhadap perilaku pembeliankonsumen.
Kata kunci : bundling, produk, harga, promosi, persepsi penghematan, nilai persepsian, kualitas persepsian, dan perilaku konsumen
Kata kunci : bundling, produk, harga, promosi, persepsi penghematan, nilai persepsian, kualitas persepsian, dan perilaku konsumen
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.