Pengaruh Motivasi Personal, Motivasi Sosiologis, dan Motivasi Institusional Terhadap Terjalinnya Pemasaran Relasional Pada Konsumen Bisnis Eceran Modern (Survei Pada Konsumen Sarinah Supermarket di Purworejo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi personal, motivasi sosiologis, dan motivasi institusional terhadap terjalinnya pemasaran relasional padakonsumen Sarinah Supermarket di Purworejo secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Sarinah Supermarket diKota Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan denganteknik judgment sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumenpengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yangdigunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16 diketahuibahwa motivasi personal secara signifikan berpengaruh positif terhadap terjalinnyapemasaran relasional dengan taraf signifikansi (P value) 0.018 < 0.05. Motivasisosiologis secara signifikan berpengaruh positif terhadap terjalinnya pemasaranrelasional dengan taraf signifikansi (P value) 0.011 < 0.05. Motivasi institusionalsecara signifikan berpengaruh positif terhadap terjalinnya pemasaran relasionaldengan taraf signifikansi (P value) 0.034 < 0.05
Kata Kunci: Motivasi Personal, Motivasi Sosiologis, Motivasi Institusional,Pemasaran Relasional
Kata Kunci: Motivasi Personal, Motivasi Sosiologis, Motivasi Institusional,Pemasaran Relasional
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.