PENGARUH RETAIL MIX PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CARREFOUR MAGUWO YOGYAKARTA

Titin Setiyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh retail mix yang terdiri darilokasi, produk, harga, promosi, pelayanan, dan suasana dalam gerai pada keputusanpembelian di Carrefour Maguwo Yogyakarta baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah datang danberbelanja di Carrefour Maguwo Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalampenelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likertyang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16.0diketahui bahwa lokasi berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembeliandi Carrefour Maguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansi  P0,030 < 0,05.Produk berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian di CarrefourMaguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansi PValue Value 0,011 < 0,05. Harga berpengaruhpositif dan signifikan pada keputusan pembelian di Carrefour Maguwo Yogyakartadengan taraf signifikansi  P0,022 < 0,05. Promosi berpengaruh positif dansignifikan pada keputusan pembelian di Carrefour Maguwo Yogyakarta dengan tarafsignifikansi PValue Value 0,028 < 0,05. Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan padakeputusan pembelian di Carrefour Maguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansi P0,005 < 0,05. Suasana dalam gerai berpengaruh positif dan signifikan padakeputusan pembelian di Carrefour Maguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansiPValue 0,000 < 0,05. Secara keseluruhan retail mix yang terdiri dari lokasi, produk,harga, promosi, pelayanan, dan suasana dalam gerai secara simultan atau bersamasama
berpengaruh pada keputusan pembelian di Carrefour Maguwo Yogyakarta,dilihat dari F hitung sebesar 21,954 dan sig 0,000 < 0,05. Value 

Kata-kata kunci  : retail mix, lokasi, produk, harga, promosi, pelayanan, suasana dalam gerai, keputusan pembelian

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.