PENGARUH EMOTIONAL BRANDING TERHADAP BRAND SWITCHING

Arifin Raharjio

Abstract


Emotional branding merupakan konsep penciptaan citra merek yang bertujuan pada hubungan emosional antara merek dan konsumen melalui pendekatan-pendekatan yang kreatif dan inovatif. Dalam dunia persaingan bisnis saat ini meyakinkan konsumen untuk membeli sebuah produk atau jasa dalam lingkungan yang sangat jenuh dan kompetitif merupakan hal yang sangat sulit. salah satu cara yang ditawarkan oleh konsep emotional branding adalah meyakinkan konsumen dengan menggunakan kekuatan emosional yang mempengaruhi hampir semua orang dalam membuat keputusan

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: pengaruh variabel technical criteria, economic criteria, legalistic criteria, integrative criteria, Adaptive criteria, intrinsic criteria.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berpindah merek ke handphone Samsung di Kota Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut adalah regresi linear berganda.

Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS diketahui hasil penelitian menunjukkan bahwa technical criteria berpengaruh positif terhadap brand switching dengan taraf signifikansi pvalue 0,004, economic  criteria berpengaruh positif terhadap brand switching dengan taraf signifikansi pvalue 0,007, legalistic criteria berpengaruh positif terhadap brand switching dengan taraf signifikansi pvalue 0,008, integrative criteria berpengaruh positif terhadap brand switching dengan taraf signifikansi pvalue 0,025, adaptive  criteria berpengaruh positif terhadap brand switching dengan taraf signifikansi pvalue 0,007, intrinsic criteria berpengaruh positif terhadap brand switching dengan taraf signifikansi pvalue 0,013.

 

Kata kunci :Technical Criteria,  Economic  Criteria, Legalistic Criteria, Integrative Criteria,  Adaptive  Criteria , Intrinsic Criteria dan Brand Switching


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1A.1972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.