ANALISIS PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA ( Survei Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo )

Annisa Izzati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh  variabel  strategi positioning yang  terdiri  dari  ciri  produk,  harga,  kualitas,  penggunaan  dan pengguna  produk  terhadap  keputusan  pembelian  konsumen. Obyek penelitian ini adalah Universitas Muhammadiyah Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo pengguna dan pemilik sepeda motor merek Honda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa dimensi positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda ( Survei Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo ). Ciri produk berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,232 dan signifikan (p value 0,004). Harga berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,252 dan signifikan (p value 0,001). Kualitas berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,263 dan signifikan (p value 0,001). Penggunaan berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,216 dan signifikan (p value 0,005). Pengguna produk berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,188 dansignifikan (p value 0,015). Dari hasil tersebut dapat diketahui variabel yang paling besar mempengaruhi keputusan pembelian adalah kualitas.

 

Kata Kunci : ciri produk, harga, kualitas, penggunaan, pengguna produk dan keputusan  pembelian  konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1A.1971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.