PENGARUH KOMUNITAS VIRTUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Komunitas Virtual Pengguna BlackBerry)

Achmad Alfy Zainalluthfy

Abstract


Keberadaan komunitas virtual dapat mempengaruhi keputusan individu, khususnya yang menjadi anggota komunitas, dalam melakukan pembelian. Pada penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Komunitas Virtual terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Komunitas Virtual Pengguna BlackBerry)”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji pengaruh perceived benefit terhadap keputusan pembelian handphone, 2) menguji pengaruh a sense of belonging terhadap keputusan pembelian handphone, 3) menguji pengaruh emotional trust terhadap keputusan pembelian handphone.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua individu yang tergabung dalam komunitas virtual pengguna BlackBerry. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi.

Hasil analisis data menunjukkan: 1) nilai koefisien perceived benefit (X1) sebesar 0,409 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, sehingga hipotesis pertama yaitu perceived benefit berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian didukung oleh hasil penelitian ini; 2) nilai koefisien a sense of belonging (X2) sebesar 0,135 dengan nilai signifikansi sebesar 0,091, sehingga hipotesis kedua yaitu a sense of belonging berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian tidak didukung oleh hasil penelitian ini; 3) nilai koefisien emotional trust (X3) sebesar 0,415 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, sehingga hipotesis ketiga, yaitu emotional trust berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian didukung oleh hasil penelitian ini.

 

Kata kunci:     komunitas virtual, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1A.1969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.