PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. POS DI KABUPATEN PURWOREJO

Siti Kusumaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh : (1) Arah perilaku terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Pos di Kabupaten Purworejo; (2) Tingkat usaha terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Pos di Kabupaten Purworejo; (3) Tingkat kegigihan terhadap  kepuasan kerja karyawan pada PT. Pos di Kabupaten Purworejo.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap maupun tidak tetap pada PT. Pos di Kabupaten Purworejo berjumlah 69 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling jenuh dengan sampel sebanyak 69 orang. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi parsial dan regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 19 diketahui bahwa Arah perilaku berpengaruh positif  terhadap kepuasan kerja dengan taraf signifikansi pvalue0.000 < 0.05. Tingkat usaha berpengaruh positif  terhadap kepuasan kerja dengan taraf signifikansi pvalue0.000 < 0.05. Tingkat kegigihan berpengaruh positif  terhadap kepuasan kerja dengan taraf signifikansi pvalue 0.000 < 0.05.

 

Kata-kata kunci : Arah Perilaku, Tingkat Usaha, Tingkat Kegigihan dan Kepuasan Kerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1c.1960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.