PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE BLACKBERRY DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Nur Munifah

Abstract


ABSTRAK

Ketatnya persaingan bisnis telepon seluler menuntut perusahaan untuk bisa menawarkan keunggulan produknya dengan berbagai cara,cara yang dapatdilakukan adalah selalumelakukaninovasi produk dan menetapkansesuaidengannilaiharga produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemilik smartphone Blackberry di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive samplingdengan sampel sebanyak 100 orang.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diketahui bahwa inovasi produk secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan (p value) = 0,000 < α (0,05). Harga produk secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan        (p value) = 0,000 < α (0,05). Sehingga penelitian ini memberikan hasil yang mendukung teori bahwa inovasi produk dan harga produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

 

Kata-kata kunci : inovasi produk, harga produk, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i2b.1920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.