PENGARUH MOTIVASI DAN KONFLIK PERAN TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN RSUD SARAS HUSADA PURWOREJO

Mahmudah Mahmudah

Abstract


ABSTRAK

 

Karyawan sebagai motor penggerak dituntut untuk bekerja dengan lebih bersemangat agar mampu menghadapi persaingan, dan dapat mendukung perkembangan suatu instansi, oleh karena itu suatu perusahaan perlu meningkatkan semangat kerja karyawannya. Peningkatan semangat kerja perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi, diantaranya motivasi dan konflik peran. Motivasi yang tinggi akan meningkatkan semangat kerja karyawan. Demikian juga dengan sikap karyawan dalam menghadapi konflik peran, karyawan yang memandang konflik peran sebagai sesuatu yang positif akan menumbuhkan semangat kerja. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: 1) apakah motivasi berpengaruh positif terhadap semangat kerja karyawan, 2) apakah konflik peran berpengaruh positif terhadap semangat kerja karyawan, dan 3) apakah motivasi dan konflik peran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap semangat kerja karyawan

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian administrasi RSUD Saras Husada Purworejo yang berjumlah 114 orang. Dari populasi tersebut diambil 84 orang sebagai sampel yang ditentukan dengan berpedoman pada tabel Isaac Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi berpengaruh positif terhadap semangat kerja karyawan, (2) konflik peran berpengaruh positif terhadap semangat kerja karyawan, dan (3) secara simultan motivasi dan konflik peran berpengaruh positif terhadap semangat kerja karyawan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif, baik secara parsial maupun simultan dari motivasi dan konflik peran terhadap semangat kerja karyawan RSUD Saras Husada Purworejo.

 

Kata Kunci: motivasi, konflik peran, semangat kerja karyawan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i2b.1919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.