PENGARUH PENERAPAN EXPERIENTIAL PROVIDERS (EXPROS) PADA KEPUASAN KONSUMEN

Lela Zuhro

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Experiential Providers (ExPros) yang terdiri dari Communications, Visual and verbal identity, Product presence, Co-branding, Spatial environments, Web site, People dan kepuasan konsumen di Armada Twon Square (Artos) Magelang baik secara parsial maupun simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah datang di Armada Twon Square (Artos) Magelang. Penelitian ini menggunakkan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakkan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah regeresi linier berganda.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakkan SPSS versi 21.0 diketahui bahwa Communications berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen di Armada Twon Square (Artos)  Magelang dengan taraf signifikansi PValue0,008 (< 0,05). Visual and verbal identity berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen di Armada Twon Square (Artos)  Magelang dengan taraf signifikansi PValue0,023 (< 0,05). Product presence berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen di Armada Twon Square (Artos) Magelang dengan taraf signifikansi PValue0,033 (< 0,05). Co-branding berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen di Armada Twon Square (Artos)  Magelang dengan taraf signifikansi PValue0,038     (< 0,05). Spatial environments berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen di Armada Twon Square (Artos) Magelang dengan taraf signifikansi PValue0,034 (< 0,05). Web site berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen di Armada Twon Square (Artos) Magelang dengan taraf signifikansi PValue0,024 (< 0,05).  People berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen di Armada Twon Square (Artos) Magelang dengan taraf signifikansi PValue0,022 (< 0,05). Secara keseluruhan Experiential Providers (ExPros) terdiri dari Communications, Visual and verbal identity, Product presence, Co-branding, Spatial environments, Web site, People secara simultan atau bersama-sama berpengaruh pada kepuasan konsumen di Armada Twon Square (Artos) Magelang, dilihat dari F hitung sebesar 16,458 dan signifikansi 0,000 (< 0,05).

Kata kunci : Experiential Providers (ExPros), Communications, Visual and verbal identity, Product presence, Co-branding, Spatial environments, Web site, People, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i2b.1917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.