PENGARUH KOMUNITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA HONDA TIGER DI KEBUMEN

Bayu Sulistioaji

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini mengangkat permasalahan Pengaruh Komunitas Merek terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Honda Tiger di Kebumen, dengan tujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel Legitimasi (X1), Loyalitas Merek Oposisi (X2), Merayakan Sejarah Merek (X3), Berbagi Cerita Merek (X4), Integrasi dan Mempertahankan Anggota (X5), Membantu dalam Penggunaan Merek (X6). Komunitas Merek didefinisikan sebagai komunitas yang spesifik, tidak terbatas oleh batasan geografis, berdasarkan struktur hubungan sosial antaranggotanya yang menyukai merek tertentu. Suatu kelompok akan menjadi referensi utama seseorang dalam membeli suatu produk. Pengaruh kelompok referensi yang kuat, dengan mudah dapat merubah anggota dan calon anggotanya. Seperti dalam komunitas merek, komunitas merek secara tidak langsung akan menjadi sebuah media bagi perusahaan untuk merubah atau memberikan pengaruh positif terhadap perilaku pembelian akan produk perusahaan tersebut. Dengan keberadaan komunitas merek, perusahaan dapat menjalin hubungan dengan para konsumen dengan lebih dekat dan dapat mendengarkan keluhan-keluhan konsumen akan produk mereka dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna sepeda motor Honda Tiger yang tergabung dalam Tiger Kebumen Association (TEXAS) atau seluruh anggota aktif. Anggota yang aktif dalam komunitas ini sebesar 70 orang, maka peneliti menggunakan 70 orang sebagai responden dalam penelitian ini. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang sudah diuji dan telah memenuhi syarat validitias dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS versi 19 diketahui bahwa secara parsial variabel Komunitas Merek yang terdiri dari: legitimasi  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek dengan taraf signifikansi p value 0,010 < 0,05. Loyalitas Merek Oposisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek dengan taraf signifikansi p value 0,015 < 0,05. Merayakan Sejarah Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek dengan taraf singinfikansi p value 0,001 < 0,05. Berbagi Cerita Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek dengan taraf signifikansi p value 0,035 < 0,05. Integrasi dan Mempertahankan Anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek dengan taraf signifikansi p value0,028 < 0,05. Membantu dalam Penggunaan Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek dengan taraf signifikansi p value 0,002. Dan secara simultan variabel Komunitas Merek yang terdiri dari: Legitimasi, Loyalitas Merek Oposisi, Merayakan Sejarah Merek, Berbagi Cerita Merek, Integrasi dan Mempertahankan Anggota, Membantu dalam Penggunaan Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek dengan taraf signifikansi p value 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Komunitas Merek dan Loyalitas Merek

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i2a.1904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.