PENGARUH SITUASI PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GIANT SUPERMARKET CILACAP

Wuri Agustanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) pengaruh lingkungan fisik terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh lingkungan sosial terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh tujuan terhadap keputusan pembelian; (4) pengaruh pespektif waktu terhadap keputusan pembelian; (5) pengaruh keadaan yang mendahului terhadap keputusan pembelian.

Populasi penelitian ini adalah semua konsumen pengunjung Giant Supermarket di Kota Cilacap. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Giant Supermarket Cilacap dengan pengaruh sebesar 0,191 dan taraf signifikansi pValue 0,047. Lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Giant Supermarket Cilacap dengan pengaruh sebesar 0,224 dan taraf signifikansi pValue 0,013. Tujuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Giant Supermarket Cilacap dengan pengaruh sebesar 0,243 dan taraf signifikansi pValue 0,004. Perspektif waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Giant Supermarket Cilacap dengan pengaruh sebesar 0,185 dan taraf signifikansi pValue 0,015. Keadaan yang mendahului berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Giant Supermarket Cilacap dengan pengaruh sebesar 0,165dan taraf signifikansi pValue 0,032.

Kata kunci: Lingkungan fisik, Lingkungan sosial, Tujuan, Perspektif waktu, Keadaan yang mendahului dan Keputusan pembelian.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.