PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI KONSUMEN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN POND’S

Titik Dwi Prastiti Berliana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh motivasi pada keputusan pembelian Pond’s; (2) pengaruh persepsi pada keputusan pembelian Pond’s; (3) pengaruh pembelajaran pada keputusan pembelian Pond’s; (4) pengaruh keyakinan pada keputusan pembelian Pond’s; (5) pengaruh sikap pada keputusan pembelian Pond’s.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pond’s di Purworejo.Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Non probability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikansi pValue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 27,9%. Persepsi berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikan pValue 0,006 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 20%. Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikan pValue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 26,1%. Keyakinan berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikan pvalue 0,037 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 16,1%. Sikap berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikan pvalue 0,002 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 21%.

 

Kata kunci: Motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, sikap, dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.