PENGARUH KETIDAKPUASAN, HARGA DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP PERILAKU PERPINDAHAN MEREK (Studi Pada Konsumen Citra Hand & Body Lotion Di Kabupaten Kebumen)

Nur Baety Isnaeny

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketidakpuasan, harga dan kebutuhan mencari variasi terhadap perilaku perpindahan merek pada konsumen Citra hand & body lotion di Kabupaten Kebumen baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan hand & body lotion merek lain dan telah beralih ke hand & body lotion merek Citra di Kabupaten Kebumen. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16, diketahui bahwa ketidakpuasan berpengaruh positif terhadap perilaku perpindahan merek, dengan tingkat signifikansi 0.001 < (0.05). Harga berpengaruh positif terhadap perilaku perpindahan merek, dengan tingkat signifikansi 0.002 < (0.05). Kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif terhadap perilaku perpindahan merek, dengan tingkat signifikansi 0.003 < (0.05). Secara keseluruhan ketidakpuasan, harga dan kebutuhan mencari variasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap perilaku perpindahan merek dilihat dari F hitung sebesar 45.150 dengan tingkat signifikansi 0.000 < (0.05).

 

 

Kata Kunci : Ketidakpuasan, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Perilaku Perpindahan Merek.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.