PENGARUH DIMENSI GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE BLACKBERRY DI PURWOREJO

Mukhamad Habibi

Abstract


Abstrak

Mukhamad Habibi. Pengaruh Dimensi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry di Purworejo. Skripsi. Program Studi Manajemen. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dimensi gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Purworejo.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemilik smartphone Blackberry di Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 orang.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diketahui bahwa Aktivitas secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan (p-value)=0,005 < α (0,05). Minat secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan (p-value) = 0,009 < α (0,05). Aktivitas secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan (p-value)= 0,000 < α (0,05). Secara keseluruhan   Gaya Hidup yang terdiri dari Aktivitas, Minat, dan Opini secara serempak atau bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Purworejo dilihat dari F hitung sebesar 24,669 dan signifikansi 0,000< α (0,05). Sehingga penelitian ini memberikan hasil yang mendukung teori gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

 

Kata-kata kunci : aktivitas, minat, opini, keputusan pembelian


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.