PENGARUH CITRA MEREK DAN SIKAP MEREK TERHADAP EKUITAS HANDPHONE NOKIA DI KOTA PURWOREJO

Dian Meylinawati

Abstract


Abstrak

Pada saat ini,teknologitelekomunikasimerupakan salah satu peluang bisnis potensial yang dimanfaatkan oleh pelaku usaha dalam menghadapi persaingan. Situasi seperti sekarang ini menuntut kejelian perusahaan untuk melihat pergeseran dan perubahan keinginan serta kebutuhan konsumen. Salah satu produsen handphone yang mencoba untuk memenuhi harapan dan keinginan masyarakat adalah Nokia. Untuk itu, perusahaan harus mempertahankan citra merek dan sikap merek agar konsumendapatterusmenggunakanproduktersebut. Karena citra merek dan sikap merek dipakai sebagai evaluasi konsumen terhadap suatu merek yang dapat mempengaruhi ekuitas merek pada handphone Nokia.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Citra MerekdanSikap MerekterhadapEkuitasMerekHandphone Nokia di Kota Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua penggunahandphone Nokia di kota Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syaratvaliditas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh positifdengannilai b sebesar 0,362 dan signifikan pValue 0,000terhadapekuitasmerekhandphone Nokia. Sikap merek berpengaruh positif dengannilai b sebesar 0,305 dan signifikanpValue 0,002terhadapekuitasmerekhandphone Nokia. Dari hasil analisis regresi linier berganda, variabel yang paling besarmempengaruhiekuitasmerekadalahcitramerek.

Kata kunci: citra merek, sikap merek, dan ekuitasmerek

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.