PENGARUH PSIKOLOGI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN JASA PERBANKAN (Studi pada nasabah BRI dan Bank Jateng di Purworejo)

Diah Restu Wulandari

Abstract


Abstrak

Diah Restu Wulandari. Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap keputusan Menggunakan Layanan Jasa (Studi Pada nasabah BRI dan Bank Jateng).

Faktor psikologi merupakan sisi kejiwaan yang ada dalam diri seseorang yang dapat mempengaruhi priaku dalam pengambilan keputusan. Faktor psikologi tersebut terdiri dari empat unsur yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap pada keputusan menggunakan layanan jasa perbankan pada nasabah BRI dan Bank Jateng. Mengingat kondisi masyarakat Purworejo yang semakin dinamis mendorong perbangkan untuk selalu melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas layanan agar masyarakat terdorong untuk bertransaksi dengan bank tersebut.

Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah dari Bank BRI dan Bank Jateng di Purworejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, 50 orang nasabah Bank BRI dan 50 orang nasabah Bank Jateng. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dngan skala Likert yang sudah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS,  diketahui bahwa  variabel motivasi  berpengaruh positif pada keputusan menggunakan layanan jasa perbankan dengan nilai koefisien 0,409 dengan tingkat signifikan 0,000 < (0,05). Variabel persepsi  berpengaruh positif pada keputusan menggunakan layanan jasa perbankan, dengan nilai koefisien 0,195 dengan tingkat signifikan 0,007 < (0,05). Variabel pembelajaran  berpengaruh positif pada keputusan menggunakan layanan jasa perbankan, dengan nilai koefisien 0,335 dengan tingkat signifikan 0,000 < (0,05). Variabel sikap berpengaruh positif pada keputusan menggunakan layanan jasa perbankan, dengan nilai koefisien 0,161 dengan tingkat signifikan 0,038 < (0,05).

 

Kata kunci : motivasi, persepsi, pembelajaran, sikap dan keputusan menggunakan layanan jasa.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.