PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT PADA IMPULSE BUYING BEHAVIOR KONSUMEN

Dea Susiska

Abstract


Abstrak

Untuk membuat diri menjadi berbeda dan lebih baik serta meningkatkan ketertarikan konsumen, beberapa pengecer besar mencoba membuat gerai dan merchandise lebih bervariasi. Hal ini untuk memancing ketertarikan secara emosional di pikiran konsumen sehingga berbelanja kini menjadi suatu aktivitas untuk bersenang-senang dan merupakan bagian dari lifestyle. Belanja menjadi alat pemuas keinginan akan barang-barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan, akan tetapi karena pengaruh trend atau mode yang tengah berlaku, maka mereka merasa merupakan suatu keharusan untuk membeli barang-barang tersebut (Fitri, 2006)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvement pada impulse buying behavior konsumen pakaian di Kecamatan Purworejo secara parsial.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen pakaian di Kecamatan Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Judgement Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.

Hasil dari uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Sedangkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel shopping lifestyle secara signifikan berpengaruh positif pada impulse buying behavior dengan taraf signifikansi PValue 0,000 (< 0,05) dan dengan nilai b sebesar 0,357. Fashion involvement secara signifikan berpengaruh positif pada impulse buying behavior dengan taraf signifikansi PValue 0,018 (< 0,05) dan dengan nilai b sebesar 0,217.

Kata kunci: shopping lifestyle, fashion involvement, dan impulse buying behavior


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.