ANALISIS GAYA HIDUP KONSUMEN REMAJA DI KOTA PURWOREJO

Titin Ekowati, Intan Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya hidup remaja dengan melihat cara hidup mereka yang diidentifikasikan oleh bagaimana mereka menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam lingkungannya (ketertarikan), dan apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan dunia di sekitarnya (pendapat).

Penelitian ini bersifat kualitatif, dimana data diperoleh  melalui proses yaitu pelaksanaannya sudah mulai dilakukan sejak pengumpulan data dilakukan atau sesudah meninggalkan lapangan. Sebelum dilakukan analisis, dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas dengan cara trianggulasi sumber data, pengumpul data, metode pengumpulan data, teori, memperpanjang waktu observasi, dan melakukan pengamatan secara terus-menerus serta melakukan konfirmasi ulang hasil wawancar. Kemudian Analisis data dan penafsiran data secepatnya harus dilakukan oleh peneliti sehingga data tidak menjadi kadaluarsa. Selanjutnya peneliti pelu mendalami kajian literatur untuk mengkonfirmasi teori dengan temuan-temuan di lapangan.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa ada kecenderungan remaja di Purworejo mempunyai aktivitas yang tidak begitu padat, biasanya mereka berstatus mahasiswa dan ada beberapa yang mengikuti keanggotaan komunitas. Mereka cendeung melakukan aktivitas belanja sesuai dengan kebutuhannya saja, sehingga jarang diantara mereka yang masuk dalam kelompok pecandu belanja (shoppaholic). Mereka cenderung menyukai hal-hal yang bersifat alami misalnya terkait dengan selera mereka tentang kuliner atau tempat –tempat rekreasi. Mereka  mempunyai wawasan yang cukup luas karena mereka rata-rata adalah mahasiswa dan ada beberapa diantara mereka yang mempunyai pemahaman yang cukup bagus tentang masalah budaya.

Kata-kata kunci: aktivitas, ketertarikan dan pendapat

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.1057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.