Cover Image

PENGARUH DIMENSI PEKERJAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

Intan Puspitasari, Nurdiyanto .

Abstract


Penelitian ini dibatasi atau difokuskan pada pengaruh dimensi pekerjaan yang terdiri dari dimensi fisik, dimensi psikolog, dimensi sosial, dimensin budaya, dan dimensi kekuasaan. Yang termasuk dalam variabel dimensi fisik adalah peralatan yang digunakan, pengulangan pekerjaan, spesialisasi pekerjaan, kerja lembur, dan tata letak ruang.

Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda, yang sebelumnya dilakukan uji instrumen tentang validitas dan reliabilitas. Hasilnya adalah dengan uji instrumen semua item pertanyaan dari 5 variabel independen dan satu variabel dependen adalah valid dan reliabel. Baik secara individu maupun kelompok, dimensi pekerjaan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan, karea dimensi tersebut akan saling mempengaruhi dan mendukung meningkatkan produktivitas kerja, terutama dimensi sosial, karena hubungan sosial yang baik sesama anggota akan memberikan peningkatan pada produktivitas kerja.

 

Kata Kunci: dimensi fisik, dimensi psikolog, dimensi sosial, dimensin budaya, dan dimensi kekuasaan, produktivitas kerja


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v0i2.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p - ISSN: 0216-938X

e - ISSN: 2684-8414

Penerbit:
Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: segmen@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.