HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN 2012/2013

Yongga Putri Buana

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan pemanfaatan perpustakaan sekolah baik secara individual maupun bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo tahun 2012/2013. Populasi penelitian 239 siswa, menggunakan tabel krejcie diperoleh 142 sampel dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif (korelasi parsial dan korelasi ganda). Berdasarkan korelasi parsial, (1) hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa sebesar 0,748 (nilai t = 13,303; sig = 0,000); (2) hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa sebesar 0,421 (nilai t = 5,470; sig = 0,000). Pada korelasi ganda diperoleh adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara bersama-sama sebesar 0,962 (nilai F = 852,548; sig = 0,000) dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo tahun 2012/2013.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Perpustakaan Sekolah


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: