PENGARUH LOKASI DAN PEMBERIAN DISCOUNT (POTONGAN HARGA) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO FASHION PRINCESS STUFF KEBUMEN

Nafisah Adeliya

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lokasi dan pemberian discount terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian di toko fahion Princess Stuff Kebumen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 konsumen yang ditentukan dengan berpedoman pada rumus Lemeshow dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik  purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel lokasi pada kategori baik sebesar 56%, pemberian discount (potongan harga) pada kategori sering sebesar 63%, keputusan pembelian pada kategori tinggi sebesar 68%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lokasi dengan keputusan pembelian  sebesar 9,60%  (r = 0,311, thitung = 3,226, sig ≤ 0,05), ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian discount dengan keputusan pembelian sebesar 11,90% (r = 0,346, thitung = 3,635, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh antara lokasi dan pemberian discount secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar 39,20% (R = 0,626, Fhitung sebesar 31.290, sig ≤ 0,05), sedangkan 60,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y=12,583 + 0,333 X1 + 0,342 X2..

Kata kunci: Lokasi, Pemberian discount, dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: