PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 11 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Chalimatu Puspaningrum

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri dan motivasi belajar baik secara sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 142 siswa yang terdiri dari kelas X dan sampel berjumlah 94, ditentukan dengan rumus yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase variabel konsep diri pada kategori sangat baik (74,47%), variabel motivasi belajar pada kategori sangat baik (59,57%), dan variabel prestasi belajar pada kategori cukup baik (59,57%).Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa sebesar 7,78% (rxy = 0,279, thitung = 2,772; sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 8,17% (rxy = 0,286, thitung = 2,852; sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan konsep diri dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 16,50% (R=0,406 , Fhitung = 8,976, sig ≤ 0,05), sedangkan 83,50% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci: Konsep Diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: