PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA N 1 KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, disiplin dan kreativitas terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen yang berjumlah 71 siswa, jumlah sampel yang diambil menurut tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael adalah 58 siswa dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan metode angket. Untuk uji validitas menggunakan validitas konstruk dan reliabilitasnya dengan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar berada pada kategori sedang sebesar 67,24%, disiplin pada kategori sedang sebesar 68,97%, kreativitas berada pada kategori tinggi sebesar 56,90%, dan prestasi belajar pada kategori cukup sebesar 65,52%. Berdasarkan analisis kuantitatif disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 16,40% (rx1y= 0,405; thitung = 3,255; sig= 0,002 ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin dengan prestasi belajar sebesar 7,67% (rx2y= 0,277; thitung = 2,122; sig = 0,038 ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar sebesar 10,69% (rx3y= 0,327; thitung = 2,539; sig = 0,014 ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi, disiplin dan kreativitas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 33,1% (R= 0,605; Fhitung= 10,418; sig= 0,000 <0,05) dan sisanya 66,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 64,574 + 0,224X1 + 0,119X2 + 0,138X3.
Kata kunci : motivasi belajar, disiplin, kreativitas dan prestasi belajarFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: