PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

Rika Fitriana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ekonomi kelas X SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X-AP 1 SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang sebanyak 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi (pengamatan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Aktivitas belajar siswa aspek sikap pada siklus I (3,26) dengan kategori “sangat baik”, pada siklus II meningkat menjadi (3,45) dengan kateogri “sangat baik”. Pada aspek partisipasi siklus I (3,35) dengan kategori “sangat baik”, pada siklus II meingkat menjadi (3,40) dengan kategori “sangat baik”. Pada aspek kerjasama siklus I (3,24) dengan kategori “baik”, pada siklus II meningkat menjadi (3,43) dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar siswa meningkat untuk nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 67,15, pada siklus I (71,69) dan pada siklus II (78,06).

 

Kata Kunci : Metode TGT, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: